Home » , » Keuntungan Kerugian Bisnis Online

Keuntungan Kerugian Bisnis Online

Bisnis online melalui internet merupakan cara alternatif bagi siapapun yang tetap ingin melakukan usaha bisnisnya.
Apalagi kondisi saat ini dalam bisnis offline, untuk sewa atau beli tempat usaha misalnya kios, toko, ruko harganya cukup mahal. Bagi para pemula yang ingin memulai usaha atau bisnis, hal tersebut cukup berat untuk menyiapkan anggarannya.

Berikut, kelebihan dari berbisnis secara online, antara lain:
  1. Biaya Murah & Terjangkau
    Biaya promosi dan pemasaran bagi sebagian produk yang dipasarkan, memerlukan bujet cukup besar. Setiap produk punya persentase biaya pemasaran yang berbeda-beda.
    Bermacam bentuk pemasaran yang sering dilakukan yaitu melalui media iklan, seperti iklan cetak di surat kabar, majalah, brosur, atau profil perusahaan (company profile).
    Iklan lain dengan biaya tak kalah mahal, lewat media elektronik seperti TV dan radio. Melalui media internet, biaya pemasaran dari produk yang kita tawarkan jadi lebih terjangkau.
    Pertama, tak harus mencetak brosur, karena semuanya sudah bisa ditampilkan di situs (website). Kedua, biaya pembuatan situs, pemeliharaan, dan perpanjangannya juga amat terjangkau, sehingga bisa dilakukan semua orang.

  2. Jangkauan Penjualan Luas
    Berbisnis secara online secara langsung sudah melakukan promosi dan marketing secara online tanpa batas menembus lintas negara. Sebab, bisnis via internet bisa diakses siapapun dari seluruh dunia. Sehingga pasar dari produk yang akan anda tawarkan tak hanya di Indonesia saja, tapi juga bisa ke orang-orang asing.

  3. Tak Perlu Toko
    Dengan berbisnis via internet, Anda tak memerlukan toko untuk memajang barang dagangan yang ditawarkan. Sehingga bisa menghemat biaya operasional, yaitu biaya sewa dan biaya lain seperti listrik, air, dan lainnya, termasuk pramuniaga (penjaga toko).

  4. Tak Perlu Gudang & Tempat Luas Untuk Stok Barang
    Salah satu keunggulan dari berbisnis via internet ini seringkali pebisnis tak perlu tempat alias gudang besar untuk stok barang/ dagangannya, sehingga bisa menghemat biaya gudang atau sewa tempat. Salah satu contoh pebisnis lewat internet adalah DELL Computer di Amerika Serikat, yang menjual komputer melalui internet.

Sedangkan kekurangannya, antara lain adalah :

  1. Resistensi Membeli Secara Online
    Bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa janggal ketika harus bertransaksi tanpa bertatap muka atau melihat penjualnya. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tak terkirim atau tak diterima. Atau barang tak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tak diterima.

  2. Sistem Pembayaran
    Salah satu penyebab nomor 3 atas resistensi membeli atau berbelanja secara online, karena “dirasakan” rumitnya sistem pembayaran untuk transaksi online. Banyak orang meragukan transaksi dengan pembayaran ke rekening langsung melalui transfer bank, karena takut tertipu.
    Metode yang sering dilakukan, pakai kartu kredit. Sayangnya, banyaknya penipuan kartu kredit di Indonesia untuk transaksi online, menyebabkan pembayaran kartu kredit di Indonesia ditolak. Metode lainnya, dengan uang elektronik atau dompet elektronik. Tapi, tak semua orang familiar dengan metode ini, dan dirasa amat merepotkan.

  3. Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet (Muda)
    Pengguna internet (khususnya di Indonesia, jika hanya ingin memasarkan di Indonesia), relatif anak muda. Orang tua usia di atas 45 tahun hanya sedikit yang menggunakan internet sebagai media transaksi (kecuali sebagian untuk transaksi perbankan). Sehingga, bila barang yang Anda pasarkan menargetkan kalangan atas dengan usia lebih “matang”, kemungkinan akan lebih memilih transaksi secara konvensional.
Khusus untuk bisnis online di bidang pakaian jadi, beberapa kekurangan yang mungkin timbul, antara lain :
  1. Ukuran/ Size Untuk Pakaian Yang Tak Sama
    Tak bisa dipungkiri, ukuran tubuh orang Asia, terutama Indonesia, berbeda dengan ukuran tubuh orang asing. Maka, ukuran pakaian akan sangat sensitif.
    Hal ini amat berhubungan dengan pasar online dari segi marketing atau internet bisnis yang tak ada batasnya, sehingga Anda bisa menawarkan, bahkan ada kemungkinan mendapatkan pembeli dari luar negeri.

  2. Keinginan Untuk Memegang & Mencoba Bahan
    Sedangkan untuk pasar Indonesia, pergi berbelanja masih dianggap aktivitas menyenangkan pelepas kepenatan dari pekerjaan dan beban hidup (terutama bagi wanita).
    Selain itu, pembeli khususnya di Indonesia masih lebih mementingkan panca indera perasa (tangan) untuk mengetes barang yang akan dibeli, cocok dengan ekspetasinya atau tidak. Jadi, keberadaan toko masih diperlukan.
Nah, itulah sebagian kelebihan dan kekurangan berbisnis online, mulailah persiapkan semuanya dengan lebih baik.
Berbisnis online, sekali lagi, akan tergantung dari jenis usaha atau dagangan yang ditawarkan, target pasar, metode pembayaran, dan lainnya.
Jika anda ingin memasarkan produk anda ke luar negeri, resistensi dan keraguan dalam bertransaksi bisa dieliminasi dengan memberikan jaminan tukar barang atau uang kembali, bila barang yang dipesan tak sesuai. Dan anda harus konsisten dalam memberikan janji.

Sedangkan untuk pasar lokal Indonesia, harus dipikirkan cara agar “dagangan” anda juga punya display atau tempat untuk memajang barang dagangan agar bisa dilihat, dipegang, dicoba, dan dirasakan pembeli. Setelah berhasil melakukan transaksi pertama dan puas, biasanya mereka tak akan ragu untuk membeli secara online lagi.
Selamat mencoba!



Share this article :

+ komentar + 9 komentar

Anonymous
03:19

nama saya yogi baru punya blog dan isinya
bisnis online clothing...
saya mau tanya tips2 yang benar bisnis online itu gimana? trs apa boleh saya mengkopi artikel dari web lain untuk di pasang d blog saya? mksh.

@Yogi, ...
Tips2 berbisnis online, pd prinsipnya persis spt yg sdh sy posting diatas. Tinggal bagaimana Anda mempromosikan toko online Anda tsb.
Sedangkan mengcopy artikel dari web lain boleh saja asal Anda selalu mencantumkan sumber artikel tsb lengkap dengan linknya. Contoh : sumber: Ekspresi (http://didiek-hadi.blogspot.com)
Hal ini untuk menghindari sanksi plagiat, coba Anda baca posting sy tentang UU No 11 Tahun 2008 (Label : Regulasi).

artikel yang sangat menarik, terima kasih atas share-nya...

Anonymous
19:28

Pengalaman saya bisnis online memang mantap dan menguntungkan....

Anonymous
18:33

Hi there! This blog post could not be written any better!
Looking at this article reminds me of my previous roommate!
He constantly kept talking about this. I will send this
post to him. Pretty sure he'll have a good read. Thanks for sharing!

Have a look at my website; Susan

Anonymous
22:11

Thank's gan infonya ..!!! Mantap !!!

usaha tanpa modal

Kerugian bisnis online ya kalau gak ada penjualan ;0 untuk itu mari belajar cara jualan online yah...

18:59

harus berusaha ekstra keras agar bisnis online bisa sukses

Mas mau tanya dampak besar dari pemasaran online itu darimana ya?

Post a Comment

Terima kasih bila Anda telah memberikan komentar, karena komentar yang Anda berikan akan dapat meningkatkan kualitas posting-posting berikutnya.

 
Support : Pupuk Organik | Jaga Sehat
Copyright © 2011. Ekspresi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger