Home » » Cara Mudah Mengecilkan Size Foto

Cara Mudah Mengecilkan Size Foto

Kadangkala kita sering bingung bagaimana mengecilkan size foto yang berukuran cukup besar, sedangkan untuk di share via email atau akan di upload di Face Book, atau untuk attachment (lampiran) iklan, sebagai profile di blog atau komunitas lainnya misalnya forum, milis, dsb.. jika sizenya terlalu besar biasanya ditolak.
Rata-rata hasil foto dari kamera digital 4.2 Mb, antara 3,5 Mb sampai 4,2 Mb perfoto.
Kecuali hasil foto dari kamera ponsel, rata-rata 100 kb sampai 1000 Kb (tergantung dari pixel kamera ponsel), akan tetapi kualitas gambar kurang tajam dibanding dari kamera digital.
Nah untuk mengecilkan size foto ini ada cara mudah dan sederhana tanpa mengurangi kualitas gambar aslinya.
Dari beberapa software yang sudah pernah saya coba (Photoshop, Triscape, dll), ternyata menggunakan software IrfanView, ... proses pengecilan size foto cukup mudah.
Pertama kali, anda harus sudah menginstall software tersebut, jika belum ada silahkan download disini dan untuk install plugins agar software bekerja optimal, klik disini.
Versi terakhir saat ini adalah versi iview435 , lisence freeware alias gratis.
Setelah di download, lakukan install :

* klik-2x file iview425_setup.exe (file hasil download)
* klik Run pada box yang muncul
* klik Next (Welcome to IrfanView setup)
* klik Next (Version)
* Pada session ini, box yang muncul anda dapat memlih images only atau select all. Saran saya pilih images only, sesuai dengan kebutuhan kita untuk edit foto.
* box berikut yang muncul kita ditawarkan apakah akan install Google Desktop Search atau tidak (defaultnya install), setelah anda pilih, klik Next dan install selesai.

Selanjutnya klik-2x icon IrfanView pada desktop anda untuk melakukan penyuntingan foto, dengan langkah sbb :
Pada case ini, saya mengedit hasil foto kamera digital 4,2 Mb, dimana hasil foto mempunyai size 4190 Kb (4.2 Mb)

* klik menu File, klik open, ambil foto yang akan di edit
* setelah foto tampil, klik menu Image, pilih tab Resize/Resample
* akan muncul box Resize/Resample Image, pilih Set new size
* ganti angka yang ada di kotak width yang ada (3872) dengan angka 500 , secara otomatis di kotak Height berubah menjadi 335 , klik Ok
* klik menu File, pilih tab Save as, beri nama baru file hasil edit tersebut agar file asli masih ada (tidak di replace)
* pastikan save as type : JPG/JPEG Format , klik Save
* Selesai

Mudah bukan ?
Sekarang lihat hasil edit foto tersebut, berapa sizenya sekarang ?
Ternyata size foto hasil edit tersebut menjadi 84 Kb dengan kualitas masih cukup bagus.
Bayangkan berapa kita dapat menghemat quota yang diberikan oleh suatu layanan internet. Ambil contoh Face Book yang memberikan quota pengguna sebesar 40 Mb termasuk postingan berupa text dan image (foto).
Kalau foto asli langsung kita upload, hitung saja berapa kira-kira foto yang dapat kita upload ke dalam face book, ini belum termasuk seberapa banyak postingan kita berupa text dan lain-lain.

Anda dapat membuat beberapa percobaan untuk merubah size foto sesuai keinginan dan selera anda, termasuk memperbesar ukurannya baik itu pixels maupun dimensinya (cm atau inches).
Selamat mencoba dan jangan lupa berikan komentarmu .....

Penulis : Didiek hadi


.
Share this article :

+ komentar + 26 komentar

terimakasih banyak tipsnya...sangat bermanfaat...

makasih tipsnya.... saya sangat butuh software ini coz online store saya selalu berhubungan dengan gambar.

Tulisannya bagus. sangat berguna utk saya, makasih untuk sharingnya mas.
Salam kenal dari Blog Sederhana Harga Handphone :)

thaks sob...

Dsta Suzani
16:55

Kok aku instal dan buat ngecilin siza foto ku malah makin besar ya size nya ?

Dsta Suzani, ...
Coba ulangi langkah : pilih tab Resize/Resample, ganti angka yang ada di kotak width dengan angka yang lebih kecil dari semula, secara otomatis di kotak Height berubah mengecil juga. Kemudian save.

ade
22:44

thanks bro, udah lama aku cari yang beginian.jualan jadi makin lancar nih....hi...hi..

wah terima kasih mas atas postingannya.. hehehe

akgirnya saya bisa mengedit photo saya..

Anonymous
11:17

ok banget... sangat membantu,,, thanks ya!!!

thanks for info..XD

software mini yang bermanfaat :)

Oya, saranku linkny jangan di Z**** donk...... Lemot dan banyak Pop-Up nya... mending di 4****** atau H******. hehehe....

thank's ia tipsnya....... dah saya coba.. alhamdulillah jadi......

Anonymous
07:05

mantap gan.. ^^

mfadhili.blogspot.com

baguss bro...
berguna bgt ni lg butuh soalnya'
:)

thanks infonya

Anonymous
11:23

Thanks nih gan, softwarenya membantu ane nih, haha thanks gan

Thakyou Gan

nice info sobat. langsung praktek :)

makasih atas info'a....ngebantu banget ^^

thx, mas atas info nya ilmu say semain bertambah
jangan lupa kunjungi blog aku kembali


saktibangetzloh.blogspot.com


klo gx sakti bukan kambingsakti namanya

Thank Banget Gan! Ane hutang ilmu nih sama agan! Jadi cewe ane ga kecewa nih thanks berat masbroo!

nice info dan sangat sangat membantu..

kok nggak mau di safe min
kalo di safe ada kata can't load plugin ''RIOT.DLL''

makasih yah
sangat membantu. coz hasil editan selalu besar
dan kalau buan di web cukup merisaukan

mkasih kak irfan, itu fungsi bisa untuk apa aja selain edit foto?mkasih

18:57

trims atas infonya

Post a Comment

Terima kasih bila Anda telah memberikan komentar, karena komentar yang Anda berikan akan dapat meningkatkan kualitas posting-posting berikutnya.

 
Support : Pupuk Organik | Jaga Sehat
Copyright © 2011. Expression - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger