Home » » Sekilas Tentang Blog

Sekilas Tentang Blog

Apa sih Blog itu ?
Blog adalah singkatan dari Web Log, yaitu catatan pribadi seseorang atau kelompok yang dapat dipublikasikan atau diposting, via internet tentunya dan dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Bila si pemilik blog tidak ingin mempublikasikan tulisannya, cukup disimpan sebagai konsep yang sewaktu-waktu dapat dipublikasikan.

Mulai populer
Diperkirakan media blog muncul akhir tahun 1998 yang dimiliki oleh PyraLab yang akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 dan dipopulerkan oleh Blogger.com.
Fungsinyapun sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi, sampai dengan program-program lainnya. Blog dapat dikelola secara pribadi maupun kelompok atau beberapa penulis.
Fasilitas weblog ini cukup menarik, misalnya interaksi dengan para pengunjungnya, seperti buku tamu, kolom komentar, dsb.

Komunitas blogger
Adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger (sebutan pemilik blog) berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dsb.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan harus daftar sebagai follower atau pengikut, tukar link, sebagai member tetap di blog tersebut, dsb.

Jenis blog
Hal ini tergantung dari masing-masing pemilik blog pada saat membuat blog itu sendiri. Misalnya blog bertopik, yang fokus pada bahasan tertentu. Blog Kesehatan, Agama, Politik, Pendidikan, Perjalanan, Hukum, Bisnis, dan bersifat Umum yaitu semua informasi yang mungkin dianggap berguna bagi pemilik blog maupun orang lain.

Istilah populer di dunia blog
Ngeblog atau blogging, kegiatan yang dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog dan juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat misalnya mengganti template atau menambah artikel.
Saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger untuk merawat dan melakukan pembaruan di blognya.
Blogwalking, yaitu aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar, biasanya dilakukan oleh para blogger yang tergolong baru atau pemula.
Profesional blogger, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama. Karena memang faktanya banyak link-link pendapatan baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini. (Didiek Hadi, bbrp sumber)
Share this article :

Post a Comment

Terima kasih bila Anda telah memberikan komentar, karena komentar yang Anda berikan akan dapat meningkatkan kualitas posting-posting berikutnya.

 
Support : Pupuk Organik | Jaga Sehat
Copyright © 2011. Ekspresi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger